Chelsea Jatuh ke Dalam Perangkap

Semakin lama musim berlangsung, staler Chelsea semakin menguasai bola. The Blues terus menggunakan senjata lama daripada menjelajahi opsi baru.

Taktik sangat mirip kotak peralatan. Jika ada paku, seseorang meraih palu. Jika ada sekrup, salah satu meraih obeng. Kedengarannya lebih sederhana dari itu.

Lihat beberapa manajer bersumpah dengan satu set alat kecil sebagai jawaban untuk semuanya. Para pemain tahu persis alat apa yang akan mereka tarik dalam situasi khusus itu. Manajer lain lebih suka membiarkan opsi mereka terbuka. Pemain tahu semua alat, tetapi mereka memiliki berbagai pilihan ketika keputusan ada untuk dibuat.

Setelah tiga tahun menjadi manajer tipe pertama, Chelsea memiliki tipe kedua sekarang. Dan semakin lama musim berlangsung, semakin banyak Chelsea yang secara mental gagal melakukan serangkaian kecil alat daripada mengeksplorasi semua opsi. Ini membuat Chelsea ofensif dan jelas membuat Frank Lampard sedikit marah.

Masuk akal bahwa itu terjadi sekarang juga. Sementara kelelahan fisik adalah faktor yang terkenal selama musim dingin, kelelahan mental adalah binatang yang berbeda dan tidak diketahui. Ketika diminta untuk membuat keputusan dengan cepat dan efektif daripada mengikuti latihan rutin, para pemain mendapatkan beberapa kelelahan mental itu. Lakukan cukup lama dan cukup sering dan rasa puas muncul. Para pemain tampaknya melakukan default pada rutinitas lama yang mereka tahu daripada mencari alat yang tepat untuk situasi tersebut.

Ambil contoh pertandingan Hull, meskipun benar-benar pertandingan terbaru mana pun akan berlaku. Chelsea membangun ke kotak dengan cara yang persis sama setiap saat. Satu-satunya perbedaan nyata dari apa yang terjadi musim lalu atau tahun sebelumnya adalah bahwa alih-alih terjebak dalam umpan ā€œUā€ di sekitar kotak, Chelsea sekarang mendapatkan pemain yang luas bebas untuk meluncurkan umpan silang ke arah tidak ada yang khusus.

Sederhananya, itu membuat Chelsea mudah dipertahankan. Lawan hanya perlu banyak di tengah, biarkan salib masuk, dan tangani. Pada hari-hari ketika pemain lebar saling berputar, itu lebih baik, tetapi tidak berarti sempurna.

Lewatlah sudah Chelsea duduk lebih dalam untuk bermain bola di belakang. Hilang adalah umpan silang rendah ke pemain terbuka di dalam kotak. Lewatlah sudah bola menembus ke dalam “setengah ruang” pertahanan.

Sederhananya, ketika keputusan ada di sana untuk dibuat, Chelsea kembali ke sirkuit Maurizio Sarri atau Antonio Conte daripada mengeksplorasi opsi. Situasi ini semakin memburuk dengan semakin banyak pertandingan yang dimainkan Chelsea di musim dingin.

Akan terlalu mudah untuk menyalahkannya pada Lampard, tetapi dia jelas frustrasi seperti orang lain. Dia telah mencoba mencampuradukkan hal-hal dengan memperkenalkan pemain baru (seperti Callum Hudson-Odoi) untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Tapi itu tampaknya merupakan perbaikan sementara untuk masalah di terbaik.

Satu dari dua hal perlu terjadi untuk memperbaikinya. Yang pertama adalah istirahat sederhana secara fisik dan mental dan itu akan segera datang dengan “liburan musim dingin” yang telah diterapkan Liga Premier. Yang kedua adalah lebih banyak pemain di lapangan yang tidak tahu sirkuit lama itu atau yang secara alami melakukan hal mereka sendiri daripada menarik tuas berulang-ulang.

Contoh dari hal ini adalah ketika Christian Pulisic terluka karena cedera. Dia telah menjadi salah satu pemain yang mencoba untuk mencampuradukkan masalah, tetapi Chelsea telah kehilangan itu sejak ketidakhadirannya. Willian, Pedro, dan bahkan Hudson-Odoi gagal melakukan apa yang telah mereka lakukan pada musim lalu dan tahun-tahun sebelumnya.

Chelsea bukan tim yang paling menghibur untuk ditonton akhir-akhir ini seperti sebelumnya di musim ini. Kelalaian mental ini diharapkan karena membuat keputusan mereka sendiri masih agak baru bagi mereka secara taktis setelah bertahun-tahun sirkuit. Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah saat ini adalah dengan beristirahat dan melatih atau menggunakan pemain yang terpisah dari sirkuit itu. Satu atau yang lain dan Chelsea bisa mulai bermain dengan kebebasan awal musim yang mereka miliki sekali lagi.

Komentar tidak diijinkan.